Selamat Untuk Semua Caleg Perempuan

Selamat Untuk Seluruh Caleg Perempuan Yang Bekerja Keras Dengan Kecerdasan, Hati Dan kasih Sayang
No.: 05/Ekst./JPS/II/2009

Ribuan perempuan CALEG saat ini sedang berjuang untuk menjadi wakil rakyat di badan Perwakilan untuk SUMUT. Di antaranya, 5 perempuan menjadi calon anggota DPD, 213 calon untuk DPR RI, dan 668 untuk DPR tingkat Propinsi SUMUT.

Perjuangan yang cukup berat, mengingat seluruh perempuan ini berjuang untuk memperoleh nomor urut di 3 sampai 6 besar. Sebagian dari mereka dibujuk untuk mencalonkan diri untuk memenuhi syarat quota 30% perempuan sebesar. Sementara itu mereka masih menghadapi segala bentuk perdebatan mengenai perlu tidaknya quota, bahkan yang menafikan quota melalui keputusan yang mengutamakan suara terbanyak. Apapun alasan perempuan menjadi caleg, pada saat ini mereka sedang berada pada masa yang paling melelahkan jiwa dan raga, bahkan pengorbanan.

Apakah tantangan ini berbeda bagi laki-laki dan perempuan? Tentu,karena budaya masyarakat masih cenderung melihat arena perempuan di arena rumah tangga, untuk menangani urusan domestik, reproduktif, pengasuhan dan perawatan yang dibalut kasih sayang. Selain itu, pandangan bahwa perempuan harus selalu bersih dari segala issue yang negatif semakin membuat banyak perempuan rentan terhadap berbagai prasangka gender dan stereotipe mengenai dirinya. Hal ini terutama bila menyangkut ‘nama baik’ sebagai perempuan, isteri, dan ibu.

Di Hari Kasih Sayang  pada tanggal 14 Februari ini, PESADA dan Jaringan Aktivis Perempuan maupun para Pendukung Penguatan Perempuan menyatakan dukungan penuh kepada para CALEG Perempuan sebagai Perempuan Pemimpin yang berkualitas, serta menyerukan kepada seluruh masyarakat, keluarga dan perempuan sendiri agar:

  • Memandang CALEG Perempuan sebagai calon yang pantas untuk menjadi wakil rakyat.
  • Mempercayai para CALEG Perempuan sebagai perempuan pemimpin yang bekerja dengan kecerdasan, hati dan kasih sayang.
  • Membela dan membantu CALEG Perempuan yang dizalimi ataupun didiskriminasi, apapun bentuknya.
  • Memberi dukungan kepada CALEG Perempuan agar mereka tetap kuat dalam berjuang dan berhasil menjadi Wakil Rakyat.

Selamat merayakan Hari kasih Sayang bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi para CALEG Perempuan yang BEKERJA DENGAN KECERDASAN, HATI & KASIH SAYANG.

Medan, 13 Februari 2009
Dina Lumbantobing

Ka. Kajian & Capacity Building PESADA,  Koord. Jaringan Aktivis Perempuan.

SHARE