Kerjasama Kementrian KUKM dengan PT Carrefour Indonesia

Pada Selasa, 26 Agustus 2014, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) lewat salah satu unit badannya, yakni Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha kecil dan Menengah (LLP-KUKM) melakukan penandatanganan kerjasama dengan PT Carrefour Indonesia dalam program Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) yang ditujukan untuk membantu para wirausahawan UKM.

Program ini juga akan bekerjasama membantu memasarkan produk-produk UKM. Seperti kita tahu, Carrefour adalah supermarket besar yang beroperasi di berbagai kota di Indonesia. Kerjasama ini akan membantu memasarkan produk UKM, dimana kedepannya Carrefour berniat memberikan akses pemasaran bagi setidaknya 30% produk UKM disetiap gerai Carrefour yang ada dan tersebar di Indonesia.

Acara ini diluncurkan bersamaan dengan peresmian Grand SMESCO Hills yang beralamat di Jalan Sate Kadir, Cisarua Puncak Bogor. Acara ini turut mengundang Sekretariat Nasional ASPPUK sebagai salah satu partisipan, dan dihadiri langsung oleh Menteri UKM yakni Syarief Hasan. Gedung ini diperuntukkan sebagai Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Kementrian UKM. Menurut Syarief, selama ini Kementrian KUKM menyadari adanya kelemahan dalam aspek pembangunan kapasitas para wirausaha. Demikian juga masalah kurangnya SDM dan Produktivitas usaha. Mengatasi permasalahan ini maka dibutuhkan pelatihan, untuk menjawab kebutuhan inilah Kementrian UKM mendirikan Grand SMESCO Hills yang juga dapat digunakan untuk kegiatan lain oleh para wirausaha UKM.

Dijelaskan oleh Syarief Hasan, sebagai upaya untuk membantu fasilitasi pemasaran produk-produk UKM, maka KUKM membangun UKM Gallery bertempat di Gedung SMESCO di Jalan Gatot Subroto, Pancoran Jakarta. Syarief sangat berharap kedepannya para wirausaha UKM akan menciptakan produk internasional yang berkualitas, yang dapat menembus pasar internasional. Untuk itu salah satu program kerjasama yang telah dibangun adalah berjejaring dengan gerai mini market Seven Eleven dan Carrefour yang memiliki jaringan internasional. Harapannya mereka akan membantu memasarkan produk-produk UKM. Karena salah satu problem utama produk UKM adalah distribusi atau channel. Syarief Hasan sangat berharap lewat kerjasama dengan supermarket tersebut akan turut mengatasi masalah distribusi. Saat ini gerai swalayan Seven Eleven telah dibuka dig d SMESCO Pancoran dan kedepannya akan segera dibuka juga gerai Carrefour.

Melalui program peningkatan kapasitas ini juga KUKM bercita-cita untuk menciptakan wirausaha yang berkualitas dan dapat menjadi inkubator bisnis bagi usaha kecil menengah di Indonesia. Syarief menambahkan, bahwa hal penting yang harus dipahami oleh para wirausaha UKM adalah bagaimana memahami kebutuhan konsumen. Jadi menciptakan produk bukan semata bukan berdasarkan kebutuhan produsen. Bahwa suatu produk yang baik adalah yang bersifat intangible, yakni memiliki performa dan penampilan yang baik. Adapun selama ini Kementrian UKM telah menggelontorkan dana UKM mencapai 3 Trilyun rupiah.

Mae