Snack Menyehatkan dan Ramah Lingkungan

Komunitas penggemar makanan-sehat sering memandang “rendah” makanan atau snack ranah Minang. Menyebut beberapa contoh seperti; rendang, kripik pedas balado, gulai ikan, kerupuk

kulit, kerupuk kulit ikan dsb. Umumnya aneka makanan tersebut dipenuhi santan atau campuran lain yang tidak menyehatkan namun lezat di lidah. Bila kita melahapnya, seketika tensi kolestoral dan gula daerah naik.

Berbekal kondisi itu, kelompok aktifis yang 18 tahun mendampingi masyarakat, khususnya kelompok perempuan di 5 kabupaten di Sumatera Barat, mendirikan galery yang menjual makanan khas Minang yang ramah lingkungan dan menyehatkan. Mereka merupakan aktifis LP2M (lembaga pengkajian dan pemberdayaan masyarakat) yang pelan-pelan diantaranya menjelma manjadi BDS (business development services). Keberanian LP2M tidak lepas dari sokongan mitra kerjanya. Dalam hal itu, melalui ASPPUK (sebagai jaringan nasional), ia menjalin kerjasama dengan Hivos untuk pengembangan kapasitas perempuan pengusahanya.

Apa kriteria menyehatkan produk makan yang digagas LP2M? Dibantu konsultan bisnis, BDS LP2M menyusun kriteria standar produk, yang memuat hal berikut: ramah lingkungan, ramah iklim, budaya lokal, produksi lokal, bahan baku lokal, handmade, homemade, transportasi hemat BBM, sudah mendapatkan PIRT. Sementara itu, indikator standar produk yang menyehatkan dan ramah lingkungan terdiri hal berikut. Pertama, produk tidak menggunakan bahan kimia sintetis/berbahaya seperti: boraks, formalin,  peptisida, MSG, rodamin, metanil yelow (pewarna tekstil), sakarin (pemanis buatan), rekayasa genetic, pupuk kimia -urea. Kedua, menggunakan minyak kelapa/minyak arau. Ketiga, menggunakan Resep & bahan baku yang turun temurun serta makanan olahan/kerajinan yang menggunakan bahan lokal tapi tidak resep turun temurun. Keempat, pimpinan dan tenaga kerja adalah perempuan.

Tanggal 20 Januari 2015, berlokasi di Jl. Prof Hamka, Komplek UNP no.4, Air Tawar, Padang Sumatera Barat, LP2M meluncurkan produk dengan brand ‘Tek Gadih. Produk makanan khas Minang dan tenun warna alam berasal dari produsen perempuan usaha kecil (PUK) di kota Padang dan kab. Padang Pariaman serta Sawahlunto (untuk produk Tenun). Mengingat tingginya minat PUK yang menyetorkan produk ke showroom, tim penyeleksi BDS LP2M memutuskan 12 produk makanan dan tenun warna alam yang lolos seleksi. Diantara produknya: Rakik Maco, Kerupuk Bawang Balado, Rakik Maco “Monica”, Stik Coklat, Stik Panjang, Bola-bola Wijen, Kerupuk Rasa Kentang, Kerupuk  Bawang, Stik Pepaya, Stik  Ubi Ungu, Sarang Balam, Keripik Bawang Seledri dan Songket Warna Alam.

Semua produk yang masuk di ‘tek Gadih akan diverifikasi LP2M setiap 3 bulan sekali. Bisa Jadi, ada produk khas minang lain yang bisa lolos seleksi dan mendapat tempat di show room”, ungap uni Ram, direktur LP2M kepada penulis. Hal ini memicu semangat PUK untuk meningkatkan kwalitas produk dan bahan bakunya. Diselingi musik akustik dari alumi ISI Bukit Tinggi dan dimoderatori penyiar Padang TV, launching galery ‘Tek Gadih serasa meriah. Pejabat Desperindagkop, Dinas pekerjaan umum, Dirjen Telkom, manager Hotel Savali, dan masyarakat umum serta kawan-kawan aktfis memenuhi ruang peluncuran. Di akhir acara, MC acara mengajak pengunjung untuk mencoba tester yang disediakan di atas etalase. Dari testimony pengunjung yang mencicipi didengar kepuasan dan kelezatan cita rasanya. Menurutnya produk makanan ‘Tek Gadih tidak kalah dengan produk makanan oleh-oleh lain yang menggunakan MSG.

Berbekal mencoba, Pak Jhon, manager Hotel Savali, kota Padang menawarkan kerjasama dengan LP2M melalui produk ‘Tek Gadih untuk menyertakan di setiap kamar pengunjung hotel. Dinas Perindag juga menawarkan LP2M untuk presentasi produk ‘Tek Gadih di depan SKPD guna upaya membangun kerjasama program.

Bila menengok harga produk yang ditawarkan ’Tek Gadih, bisa dikatakan ia menyajikan nominal yang dijangkau khalayak. Setiap bungkus makanan, dibandrol antara Rp.13.000,- hingga Rp.17.000,-. Kontan saja, berbekal uang Rp 50.000, pembeli bisa mendapatkan 3 bungkus makanan yang sehat dan ramah lingkungan. Jadi, bila anda singgah ke kota Padang, sempatkan berkunjung ke gerai ‘Tek Gadih, dijamin mendapatkan produk sehat dan ramah lingkungan. Selamat mencoba…..(ids).  

SHARE