Pada Kerja Kami Percaya

Saya tidak pernah bisa mebayangkan seperti apa kehidupan ‘perekonomian’ sebagian keluarga di Indonesia tanpa kiprah perempuan-perempuan pengusaha mikro kecil selama ini. Di manapun kita menjelajahi bumi pertiwi ini, pemandangan yang paling khas adalah dominasi keberadaan perempuan-perempuan pengrajin, penjual dan pekerja, di pasar-pasar tradisional, di sudut-sudut kampung, lorong dan gang-gang, dari pagi hingga menjelang pagi lagi.

Ragam cerita PUK yang tersaji dalam buku ini, akan menyadarkan kita semua bahwa selain kontribusi ekonomi yang mereka berikan pada bangsa ini, sesungguhnya PUK juga berkontribusi besar pada aspek kehidupan bangsa lainnya seperti pelestarian baudaya, ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan.

Sebagai salah seorang yang ikut mendirikan ASPPUK dan mengembangkan gagasan JARPUK, saya merasa bangga akan proses yang sedang berkembang dan akan terus dikembangkan. Buku ini selain sebagai memuat kumpulan cerita nyata yang penuh perlajaran penting bagi pembacanya, juga merupakan dokumentasi torehan sejarah ASPPUK dan JARPUK.

SHARE