Partisipasi ASPPUK dalam The ASEAN Women Entrepreneurs Network (AWEN)

awen1ASPPUK saat ini telah menjadi anggota dari AWEN. Komite ASEAN tentang Perempuan mendorong dan memfasilitasi terbentuknya sebuah jaringan perempuan pengusaha di ASEAN. Launching telah di laksanakan pada tanggal 23 April 2014, di Hanoi Vietnam yang dihadiri oleh 60 orang perempuan yang berkecimpung dalam dunia usaha, baik yang dikelola oleh perusahaan, individu, asosiasi maupun NGO. AWEN mendapat dukungan dari ASEAN Connectivity melalui INVESTASI (Acti) proyek perdagangan dan Nathan Associates-USAID.

Sebagai anggota, ASPPUK turut memberikan kontribusi dalam merancang statute forum ASEAN ini melalui diskusi terbatas pada forum pertama yang diselenggarakan pada bulan Maret 2015 di Bangkok. AWEN adalah jaringan perempuan pengusaha di ASEAN yang bertujuan untuk bertukar pengalaman, mengembangkan dan mengusulkan inisiatif untuk mempromosikan kegiatan ekonomi dan perdagangan dalam rangka meningkatkan kesetaraan gender, pemberdayaan dan memperkuat keterampilan kewirausahaan bagi perempuan di Komunitas ASEAN; menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi perusahaan yang dikepalai perempuan; meningkatkan kesadaran dan dukungan bagi perempuan pengusaha di setiap negara; mendukung pengusaha perempuan untuk mendapatkan akses keuangan, pengetahuan dan teknologi, pelatihan, pemasaran, membuka dan memfasilitasi kesempatan untuk menjalin bisnis antar perempuan di antar negara.

Kegiatan Awen dalam waktu dekat direncanakan meliputi pengembangan bahan marketing, awen2profil anggota dan produk mereka serta melakukan studi dasar tentang perempuan pengusaha di ASEAN bekerjasama dengan OECD. Disepakati bahwa forum regular ini harus diadakan setiap tahun sebagai ajang berbagi pengetahuan dan praktek terbaik dalam bisnis yang dikelola.

Pertemuan awal di tahun 2016, Forum Kedua AWEN, akan diselenggarakan pada tanggal 3-5 Maret 2016. Selain diskusi mengenai tantangan dan bagaimana forum akan memberikan dampak yang adil dan setara bagi semua anggota, pertemuan kali ini juga akan menggelar pameran produk ASEAN dan kunjungan ke pusat industri kecil dan mikro yang dikelola dan dikembangkan oleh perempuan.

AWEN, merupakan pintu masuk bagi ASPPUK untuk mengembangkan bisnis di tingkat regional, membuka jaringan bisnis antar perempuan di ASEAN serta memberikan masukan terhadap tantangan yang dihadapi perempuan pengusaha kecil dan mikro di Indonesia. (mia)

SHARE