ASPPUK Adakan Pelatihan

Sijunjung, Investigasi_ASPPUK (Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil) mengadakan pelatihan “HerVenture Dorong Pengembangan Bisnis bagi Perempuan” di Jakarta selama dua hari (16-17/1).

Dikhususkan bagi perempuan pelaku usaha bisnis kecil Mikro. Sebanyak 25 perserta yang hadir dalam pelatihan ini.

Olip ASPPUK sebagai penyelenggara mengatakan, ” Perserta dari berbagai propinsi, dan khusus perempuan punya usaha kecil Mikro. Dilatih dua hari, dari pukul 09.00 wib sampai dengan 17.00 wib. Bertempat di Hotel Oria Jakarta Pusat,” Jelasnya.

” Pelatihan ini mendatangkan pemateri yaitu dari Seknas ASPPUK Mia Ariyana, Emerging 360 California yaitu David Hill dan Seth,” ujarnya.

eth sebagai CEO dari Emerging 360 mengatakan, ” Aplikasi HerVenture merupakan aplikasi konsultan bisnis, baik untuk pihak yang akan memulai bisnisnya maupun pihak yang ingin mengembangkan bisnisnya agar lebih maju.

” Aplikasi ini juga mengajarkan pelaku bisnis mencapai market dan membangun jaringan (networking) diantara pelaku bisnis,” jelas CEO Emerging 360 California ini.

Ditambahkannya, latar belakang munculnya aplikasi ini karena pengalaman para perempuan pengusaha kecil Mikro yang berada di akar rumput negara Nigeria dan Meksiko. Mereka kesulitan dalam mrncari metode yang tepat untuk memulai bisnis, mengakses pasar, memperluas operasi bisnis, dan mengakses keuangan.

Dari hal tersebut katanya lebih lanjut, Emegering 360 dan Cherie Blair berinisiatif membuat dan mengembangkan aplikasi yang disebut HerVenture untuk menjawab persoalan yang ada. Dan sudah diterapkan oleh perempuan pelaku usaha Mikro di Vietnam pada tahun 2018.

” Sejak November 2018, Cherie Blair mulai memasukan aplikasi HerVenture ini di Indonesia dan berkerjasama dengan ASPPUK untuk mengembangkan aplikasi ini pada perempuan pelaku usaha mikro,” rincinya.

Menurutnya, pemilihan ASPPUK sebagai partnernya untuk mengembangkan aplikasi ini, karena ASPPUK konsisten berkerja untuk pendampingan pada perempuan pelaku usaha kecil Mikro kuat dan mandiri,” sebut Seth CEO Emerging 360 California.

David Hill sebagai desainer dari aplikasi ini juga menjelaskan, ” Penggunaan aplikasi HerVenture ini sangat praktis dan mudah dipahami. Dengan aplikasi ini kita dapat belajar bisnis dimanapun dan kapanpun. Aplikasi ini berisi modul modul pembelajaran seperti cara memulai bisnis, kustomisasi dan inovasi produk, mengakses pasar baru, memperluas operasi bisnis dan tenaga kerja, serta mengakses keuangan,” terangnya.

Seknas ASPPUK Mia Ariyana berharap, semua peserta perempuan 25 orang ini yang merupakan dampingannya dari 22 propinsi dari 52 anggotanya PUK (Perempuan Usaha Kecil), kelompok PUK, dan jaringan PUK dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan bisnis mereka yaitu dengan mendownload aplikasi HerVenture di google play store (https://play. google. com/store/apps/details?id=org.herventure.android.indonesia).

” Tidak hanya dampingan dari ASPPUK saja yang bisa menggunakan aplikasi ini tapi bisa bagi pelaku UKM lainnya dalam bisnis, start up, agar bisnis maju dan berkembang, ” tutupnya.

Sumber : koranmingguaninvestigasi.com