Pelatihan Digital Marketing Ditengah Pandemi

Hai Sahabat ASPPUK, seru sekali dari tanggal 11 hingga 22 Juni 2020 yang lalu ASPPUK atas dukungan HIVOS bersama Para Rekan Konsorsium Pangan Bijak Nusantara, menggelar Pelatihan Fotografi, Videografi dan Digital Marketing secara virtual berturut-turut yang diikuti oleh kurang lebih 36 orang peserta.

Peserta pelatihan yang merupakan anggota ASPPUK baik yang berdomisili di Jakarta maupun di daerah lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hadir sebagai Mentor Bung Ayi Noe (Coach/Pelatih Fotografi) dan Bung Tommy (Coach Videografi) yang melatih peserta tentang bagaimana cara mengambil foto dan membuat video produk yang bukan hanya baik dan menarik secara visual tetapi foto dan video tersebut juga memiliki nilai jual, membuat orang yang melihatnya tertarik untuk membeli produk tersebut serta membuat video dan foto produk yang bermakna histori mendalam ketika akan ditayangkan di sosial media.

Selaras melengkapi serunya Pelatihan Foto dan Videografi, di tanggal 21 dan 22 Juni 2020 ASPPUK juga mengadakan pelatihan Digital Marketing yang di mentori oleh Prita HW (Penulis &Influencer yang telah sukses memiliki ratusan follower di sosial media), dalam pelatihan digital marketing Prita HW membagikan pengalamannya tentang bagaimana menulis caption storytelling yang baik, menarik dan memiliki nilai promosi yang tinggi, sehingga sosial media kita mampu tersebar lebih luas dan dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk mempromosikan produk.

Tahapan berikutnya dari pelaksanaan pelatihan ini peserta di mentori oleh ketiga coach Bung Ayi, Bung Tommy dan Prita HW. Pelaksanaan mentoring akan berlangsung secara virtual dari tanggal 24, 26, 29-30 Juni 2020 untuk mereview content foto, video dan tulisan dengan bahasa marketing yang baik di sosial media yang telah dibuat oleh peserta. Masing-masing peserta diminta membuat content foto dan video lengkap dengan caption story telling produk yang akan di promosikan ke dalam sosial media personal milik peserta, content produk yang telah mendapat review cukup baik dari coach kemudian di upload kedalam sosial media milik organisasi mereka dan Seknas ASPPUK.

Taty Penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, bahwa tujuan diadakannya pelatihan Foto, Videografi dan Digital Marketing oleh ASPPUK adalah, agar peserta yang mengikuti pelatihan dari wilayah Sulawesi Tenggara, Rembang, Kalimantan Barat, Kepulauan Nias/Gunung Sitoli dan Jakarta, mampu menghasilkan dokumentasi melalui foto dan video proses produksi pangan bijak lokal, sehat, adil dan lestari, yang baik. Selain itu juga dibuatnya pelatihan ini guna mendorong, memotivasi kepercayaan diri peserta dalam membangun strategi marketing produk melalui pengelolaan dan penggunaan sosial media.

“ASPPUK membuat pelatihan peningkatan kapasitas pendamping lapangan Foto, Video dan Digital Marketing guna mendukung terwujudnya campaigne Pangan Bijak Nusantara. Konsorsium Pangan Bijak Nusantara menargetkan adanya pergeseran pola konsumsi terhadap produk makanan yang berasal dari sumber yang berkelanjutan melalui promosi system pangan lokal yang ramah lingkungan, sehat dan berkeadilan bagi produsen dan konsumen” Ungkap Taty.

Taty juga menambahkan bahwa pelatihan ini juga bertujuan untuk membangun partisipasi perempuan dan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung gerakan konsumsi dan produksi pangan lokal, sehat, adil dan lestari melalui foto dan video yang diunggah dalam sosial media (Whatsapp, Instagram, Facebook dan youtube).