ASPPUK Gelar Pelatihan PGS Untuk UKM Gula Aren Kepulauan Nias

Pagi hari pukul 10.00 WIB, Anggota kelompok ibu-Ibu pembuat VCO di wilayah kepulauan Nias sudah berkumpul dengan antusias untuk mengikuti Pelatihan Participatory Guarantee System (PGS) melalui aplikasi Zoom Meeting, yang diadakan oleh Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha kecil_mikro (ASPPUK), sebagai salah satu implementasi kegiatan ASPPUK dalam mendukung gerakan Pangan Bijak Nusantara “Lokal, Adil, Sehat dan Lestari”. Meski mengikuti pelatihan secara bersama-sama dengan berkumpul dalam satu tempat melalui zoom namun peserta tetap menerapkan protokol kesehatan.
Hadir sebagai Narasumber Ibu Bibong Widyarti yang merupakan salah satu aktivis Pangan Organik dan Bapak Djoko Prakoso yang merupakan partner Ibu Bibong dalam Memperkenalkan dan Memajukan Pangan yang Lestari.
Peserta pelatihan merupakan beneficiaries dampingan ASPPUK dengan produk Minyak Kelapa (VCO) di wilayah Nias, Sumatera Utara dalam program Local Harvest Pangan Bijak Nusantara yang pelaksanaanya didukung oleh Switch ASIA Uni Eropa dan HIVOS. Dalam Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini yaitu pada Jumat (6/8), Senin (9/8) dan Rabu (11/8), peserta pelatihan diberi pengetahuan untuk berkreasi dan mengembangkan produk-produk VCO yang dibuat agar lebih baik, menarik dan konsisten secara kualitas rasa, mutu dan kemasan pendukungnya sehingga kedepannya VCO buatan Para Perempuan di wilayah Nias mampu meningkatkan kualitas VCO nya sekaligus juga meningkatkan penjualan produk VCO mereka agar kualitas mutunya tidak kalah bersaing dengan produk VCO lainnya.
Selain itu dalam pelatihan ini Peserta juga belajar secara teknis tentang standar yang baik dalam proses alur pembuatan VCO dari mulai penanaman, pemeliharaan pohon kelapa, pemilihan kelapa-kelapa yang baik untuk dibuat VCO, lalu bagaimana pengolahan, pengemasan, penyimpanan hingga ke pemasaran VCO tersebut di ulas dalam pelatihan ini.