Youth Hub Yang di Inisiasi ASPPUK Resmi Dilantik

Pengurus Youth Enterpreuneur Solution(YES) wilayah Wakatobi dan Baubau Periode 2021-2023 Resmi di Lantik Jumat (30/9) Pekan lalu.

Pelantikan ini diharapkan mampu menjadi Wadah Anak Muda di Wakatobi dan Baubau agar lebih bertumbuh dan berkembang secara mindset entepreneur yang setara dan adil, memiliki kepribadian yang tidak takut menghadapi tantangan di era digital.

YES Sulawesi Tenggara ini merupakan Youth Hub (wadah anak muda) yang pembentukannya di inisiasi oleh ASPPUK atas dukungan pendanaan dari OXFAM di Indonesia dalam Program Empower Youth for Work (EYW). Dengan dilantiknyaYES Wakatobi, saat ini YES Sultra telah memiliki dua Cabang yaitu YES Baubau dan YES Wakatobi.

Selamat mengemban tugas bagi Ketua dan Pengurus YES Wakatobi dan Baubau yang terpilih, Semoga mampu membawa YES menjadi wadah yang semakin mapan dan mampu mencetak lebih banyak lagi Enterpreneur yang tidak hanya handal dalam mendorong pergerakan ekonomi pemuda di daerah tetapi juga mendorong anak muda memiliki mindset usaha yang setara dan adil gender serta menerapkan prinsip 3 P (Planet, People dan Profit).

Di hari yang sama, dalam kegiatan pelantikan pengurus YES Wakatobi tersebut hadir Dewan Pembina Youth Entrepreneur Solution (YES) Wakatobi Ilmiati Daud SE MSi melantik sebanyak 20 orang pengurus perdana YES Wakatobi di Aula Hotel Wisata. Pada kesempatan itu, Ilmiati Daud yang juga merupakan Wakil Bupati Wakatobi dua periode ini mengucapkan selamat pasca melantik pengurus YES Wakatobi periode 2021-2023.

” Adik-adik sekalian yang menjadi bagian dari forum anak muda wirausaha adalah yang pertama di Wakatobi. Terlebih jalur koordinasi sudah terbentuk dari pengurus Propinsi hingga daerah Kabupaten Kota lainnya,” ucapnya.

Melihat usia YES yang belum genap setahun, lanjut Ilmiati. Hal ini merupakan semangat dari anak muda yang begitu besar ditambah dengan adanya tali silahturahmi yang erat dikalangan anak muda.

” Sehingga hari ini, wirausaha anak muda Wakatobi juga ingin menunjukan diri sebagai pribadi yang mapan dan mampu menjadi seorang entrepreneur handal dan berjiwa sosial tinggi yang tanggap terhadap pergerakan ekonomi rakyat,” laniutnya.

Ia juga berpesan kepada pengurus yang bari dilantik, dalam menjalankan program dan kegiatannya selalu berkoordinasi dengan semua pihak, guna bertujuan untuk terwujudnya masyarakat mandiri secara ekonomi yang sejahtera dan berkelanjutan.

” Kami juga berharap, para pengurus forum YES Wakatobi ini menjadi bagian penting dalam menciptakan generasi anak muda yang memiliki mindset entrepreneur,” tukasnya.

Ketua YES Wakatobi La Ode Mauhammad Sarfil mengaku jika, awalnya pengurus hanya sebanyak 15 orang, namun setelah mengetahui jika YES memiliki Induk di Sultra maka pengurus mulai bertambah hingga mencapai 20 orang.

” Karena memang selama ini belum ada, wirausaha anak muda yang terbentuk dalam satu wadah. Jadi totalnya secara keseluruhan 20 orang, sudah ada juga yang dari Kaledupa, tujuan kita ke depan Tomia dan Binongko,” sambungnya.

Kata dia, pasca berbincang banyak dengan Kepala Dinas UMKM Wakatobi, maka ia ditawarkan untuk dapat bergabung dalam festifal UMKM di Pulau Tomia yang bakal digelar pada bulan Oktober ini.

” Kami secara masif akan terus berkomunikasi dengan teman-teman NJO, karena ini kan kami pendanaanya dari teman-teman NJO sehingga program kami bisa keliar Ibu Kota Wangi-wangi,” katanya.

Secara pribadi, dengan terbentuknya YES di Wakatobi ia berharap YES Wakatobi menjadi wadah anak muda dalam menumbuh kembangkan mindseat dan kepribadiannya menjadi seorang entrepreneur yang tidak takut dalam menghadapi tantangan.

”Karena sekarang itu kan kita lihat, anak muda selalu diperhadapkan dengan keraguan dalam memulai suatu usaha, dengan ini kami ingin menumbuhkan jiwa entrepreneur untuk melakukan usaha,” tutupnya.

Source : https://analisnews.co.id/2021/09/dewan-pembina-yes-wakatobi-ilmiati-daud-lantik-20-pengurus-baru-periode-2021-2023.html