Pelatihan Pengembangan Database Dan Media Promosi Produk PUK

Desa Wisata TMII, 5-9 Juli 2011. Kebutuhan akan data pada dasarnya berada pada saat organisasi itu berdiri, meskipun dalam skala yang terbatas. Sejalan dengan bertumbuhkembangnya organisasi kebutuhan data ini semakin menemui urgensinya.

Bagi ASPPUK kebutuhan database  PUK ini mempunyai peran yang sangat penting sebagai basis untuk kegiatan organisasi. Dari database PUK ini pula bisa di lihat perkembangan usaha PUK, memudahkan setiap elemen organisasi untuk salaing bertukar informasi tentang persoalan usaha antar wilayah, bahkan database dapat berfungsi sebagai alat advokasi PUK serta fund rising organisasi.

Namun demikian untuk menyelenggarakan database yang sesuai dengan kebutuhan organisasi ternyata tidaklah mudah diwujudkan. Kelemahan mendasar pada pengembangan database  biasanyanya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  1. Penyelenggaraan database yang belum dianggap sebagai hal yang penting dalam kaitannya dengan program-program yang ada dalam sebuah organisasi. Hal ini terkait dengan belum dipahaminya pengetahuan fungsi dan manfaat  database bagi organisasi.
  2. Masih lemahnya peran dari seluruh stakeholder organisasi, khususnya pada proses perencanaan dan penerapan database.
  3. Masih sedikitnya sumberdaya dalam pengelolaan database.

Menyadari hal  ini ASPPUK terus berupaya mengembangkan database yang berguna bagi semua elemen organisasi dan terus  mendorong PUK untuk  berkembang  dan berdaya saing, khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi.