Jalan Sehat Gerakan Perempuan, Mewujudkan Indonesia Beragam

Pada hari minggu 6 April 2014, ASPPUK beserta anggota jaringan di wilayah DKI, yakni PPSW, terlibat dalam penyelenggaraan Jalan Sehat Gerakan Perempuan Mewujudkan Indonesia Beragam. Kegiatan ini merupakan agenda bersama dengan jejaring organisasi lain dalam jaringan Indonesia Beragam, seperti PEKKA, Koalisi Perempuan Indonesia, Migrant-Care, AMAN Indonesia, Institut Kapal Perempuan, Kalyanamitra dan berbagai organisasi perempuan lainnya.

Tujuan kegiatan ini adalah upaya mengkampanyekan 10 Agenda Politik Perempuan jelang Pemilihan Legislatif yang akan berlangsung pada Rabu 9 April 2014 mendatang. Dalam sejumlah orasi dari berbagai organisasi perempuan, mengingatkan pentingnya masyarakat dalam menseleksi Calon Legislatf yang akan dipilih pada Pemilu beberapa hari mendatang.

Kegiatan Jalan sehat ini digelar bersamaan dengan berakhirnya masa kampanye partai politik jelang Pemilu Legislatif 9 April 2014, dan bertepatan dengan momen Car free day, yakni hari bebas kendaraan bermotor yang berlangsung setiap hari minggu di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin Jakarta Pusat. Hadir sejumlah aktivis dari berbagai lembaga maupun organisasi perempuan, termasuk ibu-ibu dan perempuan dampingan komunitas lembaga dalam Indonesia Beragam, mencapai sekitar 500 orang.

Peserta acara ini dipecah ke dalam dua tim. Sebanyak 200 lebih berkumpul di halaman Monas lalu berjalan melewati Jalan Thamrin lalu mengelilingi Bundaran HI. Lalu sebanyak 200 orang lebih juga memulai Jalan sehat dari Hotel Meridien, Jalan Sudirman. Kedua tim sama-sama menuju Bundaran HI.  Sepanjang jalan, para peserta mengkampanyekan 10 agenda politik yang di cetak diatas payung berwarna-warni. Setelah bertemu bersamaan di bundaran HI, lalu semua massa berkumpul menjadi satu barisan dan membuka payung 10 Agenda Politik Perempuan. Acara jalan sehat ini berjalan tertib tanpa mengganggu aktivitas keramaian masyarakat yang tengah melakukan kegiatan olahraga sepanjang jalan. Ibu-ibu dengan tertib melakukan antri saat menyebrangi jembatan menuju panggung acara di depan menara BCA Jalan Teluk Betung, yang berjarak 100 meter dari Bundaran HI.

Setelah berkumpul bersama, sejumlah orasi dihadirkan dari berbagai perwakilan organisasi di panggung. Hal ini sebagai upaya pendidikan politik perempuan, sebelum bersama–sama akan memilih para Caleg dan Partai Politik dalam Pemilu Rabu mendatang. Orasi dari Mia Ariyana, yakni SEN ASPPUK, menyampaikan agar ibu-ibu jangan Golput dan agar tidak menerima money politik. Bahwa kita harus memilih Calon Legislatif dan Partai politik yang berkualitas, karena akan menentukan nasib bangsa ini dalam 5 tahun mendatang.

Dalam dua bulan sejak dibentuk Indonesia Beragam telah melakukan dua kegiatan bersama, pada 7 Maret lalu merupakan agenda Deklarasi di Gedung Usmar Ismail, Jl Rasuna Said dan Jalan Sehat pada 6 April 2014 kemarin. Kedepannya masih akan digelar juga sejumlah agenda lain, seperti Lomba Menulis bertemakan “Jika Aku Menjadi Pemimpin Perempuan”. (my)

Link: Detik Antara Suryaonline Analisadaily rajasabanews metrotvnews