ASPPUK Adakah Pelatihan Aplikasi HerVenture

ASPPUK kembali mengadakan pelatihan aplikasi HerVenture kepada NGO dampingannya (LP2M, PPK, dan LPSDM) yang ada di 4 wilayah yaitu Kabupaten Tanah datar, Kota SawahLunto, Lombok Tengah, dan Lombok Timur, pelatihan ini dihadiri oleh 14 orang yang terdiri dari direktur lembaga dan pendamping lapangan tiap wilayah. Pelatihan ini bertempat di hotel Dafam Teraskita Jakarta (21/2/2019). Ini merupakan pelatihan ke tiga yang ASPPUK adakan.

Gambar 1. Ibu Mia Ariyana (Direktur ASPPUK) menyampaikan materi tentang HerVenture

Pada pelatihan ini Ibu Mia Ariyana (Direktur ASPPUK) menjelaskan keunggulan dan penggunaan aplikasi HerVenture ini yang mana sangat membantu untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha perempuan usaha kecil mikro terkhususnya produk dampingan ASPPUK seperti produk lokal : tenun handmade, gula aren, garam, VCO, keripik, beras organik (beras merah dan beras hitam), dodol rumput laut, dsb.  Dampingan ASPPUK yaitu Perempuan Usaha Kecil Mikro (PUK-mikro) dapat belajar berbisnis dengan aplikasi HerVenture ini sehingga diharapkan Perempuan Usaha Kecil Mikro (PUK-mikro) dapat mandiri, lebih melek teknologi, dan dapat memasarkan produknya secara digital.

Gambar 2. Pelatihan HerVenture

Adapun keunggulan aplikasi HerVenture ini adalah sebagai berikut:

  1. Berisi modul pengetahuan bisnis yang mudah untuk dipelajari yang dapat menambah pengetahuan berbisnis anda,
  2. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline atau tanpa ada koneksi internet dan tersedia juga dalam bentuk Bahasa Indonesia,
  3. Memperkenalkan detail profil bisnis anda dengan melengkapi dan menampilkan kontak person, alamat email, alamat bisnis, alamat website, nama media sosial seperti facebook, linkedin, dan Instagram,
  4. Menambah koneksi bisnis anda dan menemukan komunitas baru anda,
  5. Juga akan ada reward bagi anda yang aktif dalam mengumpulkan poin token, hal ini dinilai dari keaktifan anda belajar, bersosial dengan membagikan informasi ini, menjawab pertanyaan yang ada, serta poin bonus bagi anda yang melengkapi profil bisnis anda.
Gambar 3. Peserta menggunakan aplikasi HerVenture

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, anda dapat mendownload terlebih dahulu aplikasi ini di situsnya www.herventure.org/id/rumah dengan mengklik google play store yang ada pada halaman depan website kemudian klik install. Aplikasi ini sudah tersedia di google play store, dan pada kotak pencarian paling atas anda dapat mengetik  HerVenture (Indonesia) kemudian install. Atau pada kotak pencarian google ketik https://play.google.com/store/apps/details?id*org.herventure.android.indonesia Kemudian klik tombol instal. Setelah mendownload anda dapat masuk melalui akun email pribadi anda. Adapun untuk lanjut pada step berikutnya anda hanya cukup mengesernya, ada pembagian empat direktori untuk aplikasi ini yaitu pertama direktori pelajari yang berisi modul pembelajaran bisnis dengan topiknya adalah bagaimana cara meluncurkan bisnis, kustomisasi dan inovasi produk, cara mengakses pasar baru, memperluas operasi bisnis dan tenaga kerja, dan mengakses keuangan. Kedua direktori komunikasi, pada direktori ini anda dapat terhubung dengan pengusaha lainnya. Ketiga direktori profil bisnis Anda yang berisikan profil lengkap bisnis anda, dan yang ke empat direktori lainnya adalah tentang mitra HerVenture, share, ketentuan pengunaan, kebijakan privasi dari HerVenture.