Penguatan Kapasitas Stewardship Communication Fundraising TIM ASPPUK

Pada tanggal 5 November 2020 lalu, Tim ASPPUK melakukan Penguatan Kapasitas Donor Communication dan Stewardship yang dilakukan atas dukungan HIVOS melalui program Sustainable Diet for All (SD4ALL).  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari capacity building pengembangan dan pengelolaan Fund Raising dan Donor Communication Organisasi Non Profit yang telah diadakan sebelumnya selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 12-14 Oktober 2020, yang di fasilitasi oleh Tim Sosialica secara virtual.

Materi yang di ulas dalam kegiatan tersebut diantaranya menggali lebih dalam aktivitas pengelolaan fund raising dan donor communication yang sudah dan sedang dilakukan Asppuk selama ini. Selain itu dalam sesi penguatan kapasitas lanjutan ini, Fasilitator dari Sosialica (Vitri) juga mengajak tim Asppuk melakukan refleksi atas perjalanan ASPPUK selama ini dalam melakukan fundrising, selain itu Mbak Vitri juga memberi pengetahuan seputar pengalaman kerja-kerja sosialica dalam pengembangan fundraising serta mengajak tim kembali melihat kerja-kerja pengelolaan fundraising dan pengembangan communication yang dilakukan selama ini oleh Asppuk dalam memelihara hubungan dengan lembaga donor dan stakeholder yang telah banyak memberi dukungan terhadap kerja dan aktivitas pemberdayaan perempuan untuk UMKM yang telah dilakukan ASPPUK. Kegiatan yang diikuti oleh tim Asppuk diantaranya Direktur Asppuk Ibu Mia Ariyana, Staf Program MH Firdhaus, Hartaty, Perwakilan Jaringan Asppuk Wilayah Ibu Tri Yuli dan staf Communication Asppuk Euis.

Diharapkan setelah kegiatan penguatan kapasitas ini, ASPPUK sebagai lembaga asosiasi UMKM dan pemberdayaan perempuan yang telah bekerjasama dengan HIVOS dalam program kampanye Pangan Bijak Nusantara, mampu mengelola dan mengembangkan strategi fundraisingnya serta memiliki kapasitas yang kuat, kerjasama tim yang solid dalam menyusun strategi kampanye dan menjaga komunikasi dengan lembaga donor bukan hanya secara offline tetapi juga secara online dengan mengefektifkan sosial media.