ASPPUK Berbagi Pengalaman Pendampingan dalam FGD Profil Perempuan PUKM Bersama KPPPA

Pada 11 November 2020 kemarin, Tim Asppuk mengikuti FGD virtual yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Tim COMDEV Yayasan Jaring Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Wilayah.
FGD yang diikuti oleh 27 peserta diantaranya pihak Pemerintah yang diwakili oleh tim dari Kementerian Koperasi dan UKM, Pihak Swasta diwakili Tim dari Perbankan dan Lembaga Keuangan, Pihak NGO yang fokus pada pemberdayaan perempuan, UMKM dan gender diwakli oleh ASPPUK dan PEKKA serta dihadiri juga oleh perwakilan UKM.
FGD ini bertujuan untuk mengumpulkan pandangan dari semua pihak terkait pemaparan profil pelaku usaha mikro yang dipaparkan oleh tim dari COMDEV. Pada FGD tersebut tim COMDEV memaparkan tentang kondisi para pelaku UKM saat ini sebelum dan saat pandemi covid 19 terjadi, dimana fokus pendampingan yang telah dan akan dilakukan oleh semua pihak pemerintah, swasta/stakeholder, NGO dan UKM itu sendiri adalah dengan mengupayakan bagaimana mengembalikan semangat berusaha para pelaku UKM di masa dan pasca pandemi Covid 19.
Akses teknologi terutama menyangkut pemanfaatan teknologi digital tepat guna menjadi sangat diperlukan saat ini oleh para pelaku UKM. Selain itu dengan berjejaring dan bersinergi dengan semua pihak pemerintah, swasta, NGO dan sesama pelaku UMKM mampu membuka wawasan juga memiliki potensi untuk mengembangkan usaha, melihat peluang pasar dan menambah informasi untuk para pelaku usaha kecil mikro. Akses pendampingan untuk perempuan pelaku usaha mikro harus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar sehingga tepat sasaran.