UMKM Perempuan dan Difable di Yogyakarta Mengikuti Pelatihan Pengemasan dan Fotografi Produk

 

PROGRAM PENINGKATAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM PEREMPUAN DAN KELOMPOK DIFABLE YANG BERKELANJUTAN MELALUI E-COMMERCE DI DIY

Pada tanggal 19 November 2020 bertempat di Gedung AMI Building Lantai 3 Jalan Veteran No.57 Warungboto Umbulharjo Yogyakarta diadakan Pelatihan Pengemasan Produk dan Fotografi bagi perempuan umkm dan difable yang tergabung dalam program peningkatan dan pengembangan produk UMKM perempuan dan kelompok difable yang berkelanjutan melalui e-commerce. Program ini diselenggarakan berkat kerjasama antara ASPPUK, Coca Cola Foundation dan Tokopedia. Pelatihan ini diikuti oleh 34 orang.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas UMKM dalam pemasarannya, dengan cara mempercantik tampilan foto produk yang akan ditampilkan dalam media sosial atau marketplace serta dengan cara mempercantik packaging sebuah produk, yang dapat menampilan produk lebih elegan. Adanya foto produk yang lebih bagus dan eyecatching, serta penampilan kemasan pengiriman yang cantik, diharapkan mampu untuk menarik minat lebih banyak konsumen dan tentunya mampu membuat pelanggan merasa kenyamanan lebih jika berbelanja di toko UMKM dampingan.

Pelatihan pertama tentang fotografi, dibawakan oleh Narasumber Linda Pebriani. Beliau adalah seorang fotografer, dan bersama rekan-rekannya tergabung di perusahaan GMEDIA EDU (perusahaan yang bergerak di bidang optimalisasi media sosial untuk marketing, fotografi dan editing video). Sesi ini menjelaskan tentang tehnik foto yang baik dan menarik, cara mengatasi hambatan foto, melakukan edit foto (memberikan watermark, menambahi tulisan pada hasil foto dan lain-lain). Tidak hanya materi, di sesi ini peserta juga langsung praktek foto.

Pelatihan kedua tentang pengemasan produk, dibawakan oleh Nur Avicenia Yusticia Sofianti, S.TP. Beliau adalah Manajer di perusahaan OMAH GEMI yang bergerak di bidang makanan olahan (bakery, olahan bentuk kripik dan lain-lain). Pelatihan ini menjelaskan dan menggambarkan tentang bahan-bahan yang dapat digunakan untuk packaging produk, cara mengatasi agar bahan rentan seperti kripik

“Saya sangat berterimakasih pada ASPPUK, CCFI dan Tokopedia yang telah bersedia mengadakan pelatihan ini. Dengan berlatih bagaimana membuat foto yang menarik saya menjadi lebih semangat lagi dalam memasarkan produk melalui marketplace. Semoga makin laris produk tas yang saya pasarkan melalui tokopedia ”, kesan yang diberikan oleh Ibu Ngaenun.

Sama halnya dengan Kak Anggi yang menjual produk kain ecoprint. Kak Anggi sampaikan sangat senang mengikuti pelatihan ini, terutama di bagian mempercantik packaging. “Kain ecoprint yang elegan memang seharusnya dicarikan packaging yang elegan pula”, kata Kak Anggi.

Kesan lainnya didapatkan pula oleh Kak Esti yang menjual produk masker kain dan baju tidur di tokopedia. Kak Esti sampaikan, “Sangat senang karena selain mendapat materi, juga praktek di agenda kali ini, seluruh peserta juga membawa pulang beberapa tool fotografi dan packaging. Jadi di rumah bisa langsung praktek dengan tools yang sudah dibagikan ke seluruh peserta”.

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari serangkaian pelatihan yang diinisiasi Asppuk dan CCFI sebelumnya yang juga telah diikuti oleh para PUKM, diantaranya Pelatihan Menulis Deskripsi Produk Story yang menarik di aplikasi E-Commerce dan Pelatihan Foto Produk telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 yang lalu.

Diharapkan pelatihan tersebut mampu mendorong dan memotivasi para pelaku usaha khususnya perempuan dan kelompok difable di 3 Propinsi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk dapat lebih semangat memasarkan produk usahanya agar lebih berkembang serta bisa dikenal lebih luas lagi melalui penjualan dengan aplikasi digital/E-Commerce (Tokopedia) yang sedang booming seperti saat ini. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk para perempuan pelaku UKM di tengah situasi pandemi Covid19 saat ini.

Produk-Produk UMKM Perempuan dan kelompok difable dampingan ASPPUK di 3 Propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam Program Peningkatan Ekonomi dan Pengembangan Produk UMKM Perempuan dan Kelompok Difable yang Berkelanjutan Melalui E-Commerce dukungan Coca Cola Foundation Indonesia sudah bisa di dapatkan di aplikasi Tokopedia. Search dikolom pencarian dengan kata kunci ‘ASPPUK’.