11 April 2021

OJK Sultra pelopori pembentukan komunitas “YES SULTRA” dampingan ASPPUK dukung UMKM milenial

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan seperti Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara dan Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK) atas dukungan OXFAM dalam program Empower Youth for Work (EYW) memelopori pembentukan komunitas UMKM Millenial yang disebut Youth Entrepreneur Solution Sulawesi Tenggara (YES Sultra).

“OJK Sultra akan turut melakukan pembinaan dan pengembangan komunitas wirausaha muda ini sebagai salah satu media dukungan pemulihan ekonomi nasional serta peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Saya sangat mengapresiasi kehadiran YES Sultra di Bumi Anoa,” kata Kepala OJK Provinsi Sultra, Mohammad Fredly Nasution saat pelantikan pengurus YES Sultra di Kendari, Senin lalu.

YES Sultra, kata dia, adalah forum atau komunitas yang dikelola oleh para pengusaha muda yang memiliki visi mewujudkan wirausaha muda kreatif, inovatif, responsif dan berdaya saing untuk berkontribusi pada peningkatan ekonomi daerah.

“Selain UMKM dan anak-anak muda, besar harapan kami secara khusus komunitas ini dapat menjadi media inovasi pemberdayaan perempuan yang berkesinambungan dan komprehensif. Kami akan sinergikan dengan program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, UMKMMU, dan kegiatan lain di OJK Sultra yang bekerja sama dengan berbagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) atau stakeholder untuk memperbesar dampak,” katanya.

Selama kepemimpinan Fredly, sudah dua komunitas yang berada dalam binaan OJK Sultra, yaitu Komunitas Learning Center (KLC) dan YES Sultra yang berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara serta ASPPUK sebagai bentuk nilai tambah dan kontribusi entitas bagi kemajuan Bumi Anoa.

YES Sultra memiliki Dewan Pembina, yaitu Muhammad Yusup (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara), Ridhony M. H. Hutasoit (Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra), dan Salmiah Ariyana (Direktur ASPPUK).

Selanjutnya, pengurusan perdana YES Sultra akan dipimpin oleh Cedrik Elcid Wurara, dengan Sekretaris Reni Anggreni dan Bendahara Riska. Tepat 25 Januari 2021, Pengurus Perdana YES Sultra Periode 2021-2023 resmi dilantik oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara di Gedung Learning Center OJK Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor: Hernawan Wahyudono
Source : https://sultra.antaranews.com/berita/370332/ojk-sultra-pelopori-pembentukan-komunitas-yes-sultra-dukung-umkm-milenial