Dorong Perempuan Melek Bisnis Digital ASPPUK Gandeng Shopee Melalui Kelas Pengembangan Bisnis Online

Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) pada Selasa (21/9) berkolaborasi dengan platform E- Commerce Shopee Indonesia menggelar Kelas Online ‘Pelatihan Pengembangan Bisnis Melalui Shopee’. Kegiatan yang berlangsung secara virtual, difasilitasi langsung oleh tim dari Shopee Indonesia.
Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah peserta yang merupakan para pelaku usaha dampingan NGO anggota ASPPUK wilayah NTB, NTT, Sumatera, Sulawesi dan Jawa. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong pelaku UMKM khususnya Perempuan di daerah agar ekonomi keluarga peserta mengalami peningkatan, juga mendorong penjualan dan pemasaran produk usaha peserta agar mampu menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.
Dalam pelatihan ini peserta mendapatkan pemaparan materi yang cukup mumpuni terkait pengembangan bisnis online melalui aplikasi marketplace yang saat pandemi bisnis online melalui marketplace seperti Shopee sedang mengalami peningkatan.
Peserta belajar tentang bagaimana mengoperasikan akun Shopee, cara mengupload dan mengambil foto produk, memperbaharui akun nama toko, deskripsi dan detail lainnya yang dibutuhkan melalui aplikasi Shopee, peserta juga mendapat Tips dan Trick meningkatkan penjualan dan cara mengaplikasi fitur gratis ongkir di Shopee.
Rencananya pelatihan ini akan berlanjut pada sessi konsultasi bisnis Shopee melalui group Whatsapp setelah peserta sudah mendaftar, memiliki toko di akun Shopee dan pastinya sudah menjalankan/mempraktekkan materi yang telah disampaikan pada pelatihan kali ini, yang kemudian kedepannya peserta yang telah mengikuti pelatihan akan dipilih oleh tim Shopee untuk mendapatkan peluang diikutsertakan pada kelas-kelas bimbingan belajar dengan Shopee dan bisa memiliki kesempatan masuk ke dalam komunitas kampus Shopee.