ASPPUK bekerjasama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Tokopedia pada hari Minggu 15 November 2020 lalu menyelenggarakan Pelatihan Pengemasan Bagi Perempuan UMKM di daerah dampingan Asppuk yang masuk dalam program Peningkatan Ekonomi dan Pengembangan Produk UMKM Perempuan dan Kelompok Difable yang Berkelanjutan Melalui E-Commerce di wilayah Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya sebuah brand (merk dalam sebuah produk) branding (mengemas merk agar produk tersebut mudah diingat orang dan memiliki keunikan tersendiri) dan apa saja yang harus dicantumkan di label kemasan produk. Pelatihan pengemasan ini mendatangkan Narasumber tamu Ibu Raray Istianah Konsultan yang telah memiliki pengalaman melakukan pendampingan UMKM Jabar Juara dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat dan Konsultan PLUT KUMKM Kemenkop RI.
Selain itu dalam pelatihan tersebut peserta juga diajak mempraktekkan langsung produk miliknya masing-masing tentang cara mengemas yang baik dan aman bagi produk yang sifatnya mudah rapuh atau rusak (fragile) untuk pengiriman jarak jauh melalui E-Commerce (Tokopedia).
Rina pemilik produk susu kurma frozen yang merupakan salah satu peserta pelatihan menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias untuk mengikuti pelatihan pengemasan ini karena sebelumnya ia belum memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengemas produk yang aman untuk pengiriman jarak jauh.
Hal tersebut juga diamini oleh Ningsih pemilik produk keripik singkong aneka rasa, ia mengaku dengan adanya pelatihan pengemasan ini ilmu yang didapatkannya bisa ia praktekkan saat ada transaksi untuk mengirim paket produk keluar daerah melalui aplikasi Tokopedia. “Sega dari pelatihan ini keripik yang memang sifatnya mudah hancur yang akan saya kirim keluar daerah jadi bisa tetap aman dan utuh untuk dinikmati oleh konsumen saya” ungkapnya.
Pelatihan ini diikuti oleh sekira 30 orang peserta perwakilan kelompok perempuan UMKM penerima manfaat program dari CCFI.
Pelatihan ini merupakan lanjutan dari serangkaian pelatihan yang diinisiasi Asppuk dan CCFI sebelumnya yang telah juga diikuti oleh para PUKM diantaranya Pelatihan Menulis Deskripsi Produk Story yang menarik di aplikasi E-Commerce dan Pelatihan Foto Produk telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 yang lalu.
Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para pelaku usaha khususnya perempuan dan kelompok difable di 3 Propinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk dapat lebih semangat memasarkan produk usahanya agar lebih berkembang serta bisa dikenal lebih luas lagi melalui penjualan dengan aplikasi digital/E-Commerce (Tokopedia) yang sedang booming seperti saat ini. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan penjualan produk para perempuan pelaku UKM di tengah situasi pandemi Covid19 saat ini.
Produk-Produk UMKM Perempuan dan kelompok difable dampingan ASPPUK di 3 Propinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta dalam Program Peningkatan Ekonomi dan Pengembangan Produk UMKM Perempuan dan Kelompok Difable yang Berkelanjutan Melalui E-Commerce dukungan Coca Cola Foundation Indonesia sudah bisa di dapatkan di aplikasi Tokopedia. Search dikolom pencarian dengan kata kunci ‘ASPPUK’.