Jaminan Sosial bagi Perempuan Usaha Mikro

Jaminan sosial dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dalam kerentanan kelompok miskin. Hal tersebut telah terjadi dimana-mana dan dapat kita jumpai dalam keseharian, namun kita kurang memberikan perhatian karena terjadi tanpa dengan niat dan didesain secara khusus oleh para pelaku atau bisa juga tidak disebut dengan istilah ‘jaminan sosial’. Khususnya bila kita simak pengalaman masyarakat dimana anggota ASPPUK melakukan aktivitas.

Buku ini mencoba merangkai prakarsa yang ada tentang penggalangan sistem jaminan sosial berintegrasi dengan kegiatan kelompok masyarakat. Sistem tersebut sebenarnya secara alamiah telah ada tetapi belum menjadi kesadaran kolekif sehingga menjadi sesuatu yang dianggap ‘bisa’. Yang lebih memprihatinkan lagi sampai saat ini belum ada ketentuan pemerintah untuk membuat skema jaminan sosial bagi mereka (masyarakat miskin), oleh karenanya ASPPUK mencoba merangkai pengalaman kelompok ‘Manggar Tuwuh’ di Purwokerto, ‘Serba Guna’ dari Koperasi Wanita ‘Setara’ di Klaten.

Melalui buku ini diharapkan ada pelajaran yang bisa diambil, bahwa prakarsa pengorganisasian sistem jaminan sosial dapat diciptakan oleh kelompok miskin dengan meperhatikan model sosial diantaranya yang terpenting adalah sikap saling percaya untuk mebangun organisasi yang lebih besar dan kuat.

Buku in tidak dimaksudkan sebagai ‘buku pedoman’ atau satu-satunya acuan jamian atas suksesnya sebuah sistem yang akan dikembangkan, tetapi setidaknya diharapkan menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok yang akan memulai. Secara khusus bagi ASPPUK buku ini menjadi catatan atas proses belajar/pengalaman anggota yang dapat menjadi media pembelajaran bagi angggota lain.

Tanpa kerelaan dan kesungguhan Joe Fernandes, kiranya pengalaman-pengalaman ASPPUK yang diuraikan dalam buku ini tidak bisa terangkai dengan cermat, sehingga enak dibaca dan mudah dicerna oleh karenanya kami menyampaikan terima kasih. Terima kasih yang tak terhingga juga kami sampaikan kepada teman-teman anggota kelompok dan koperasi yang telah bersedia berbagi pengalaman serta TDH yang mendukung buku hadir dihadapan para pembaca budiman. Akhirnya dalam kesederhanaan buku ini semoga dapat bermanfaat bagi semua kalangan.

SHARE