ASPPUK Gelar Penyuluhan Bimtek Keamanan Pangan Lokal di Sultra

Pada tanggal 17-18 November 2021, bertempat di Kantor Kelurahan Wolo, Asppuk Seknas dan Alpen Sultra melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknik Keamanan Pangan untuk petani aren kecamatan Wolo, yg didukung oleh Switch Asia, Hivos, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman), WWF, NTFP Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan program Local Harvest/Pangan Bijak Nusantara di 4 wilayah dampingan salah satunya di Kabupaten Kolaka ini. Peserta bimtek berjumlah 25 org yang berasal dari para petani aren di beberapa desa dampingan yakni desa Lana, desa Ponrewaru, desa Ulurina, desa Lapao Pao, desa Langgomali.

Penyuluhan Bimtek Keamanan Pangan ini di fasilitasi oleh Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Dinas DM PTSP Kabupaten Kolaka, BPOM Sultra.

Diantara sesi pemberian materi juga di lakukan kunjungan langsung ke rumah produksi produk gula aren salah satu peserta kegiatan.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan keamanan mutu produk yg beredar sehingga dapat bersaing di pasar modern baik di pasar domestik maupun internasional, meningkatkan efektivitas sistem pengawasan Industri Rumah Tangga Pangan yang di lakukan pemerintah kabupaten sesuai dengan pedoman. Dan dengan harapan para peserta Bimtek dapat memperoleh sertifikasi penyuluhan IRTP untuk produk usaha mereka serta mendapatkan PIRT untuk produk mereka.

#PanganBijakNusantara

#LocalHarvest

#AsppukSeknas

#AlpenSultra

#PanganLokalAdilSehatLestari